Gula pasir rafinasi termasuk jenis gula yang dilarang pemerintah untuk dikonsumsi pribadi, tepatnya gula ini hanya boleh digunakan pada industri sebagai bahan produksi. Manis dari gula ini menimbulkan banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi. Berikut ini bahaya akibat konsumsi gula rafinasi.

1. Obesitas

Produk dengan tinggi gula mengandung banyak kalori yang berlebih bagi tubuh jika dikonsumsi. Kalori ini akan menumpuk di tubuh menjadi lemak. Lemak tersebut akan membuat badan Anda bertambah sehingga berat badan menjadi naik. Jika konsumsi produk dengan gula ini dilakukan terus-menerus, tidak menutup kemungkinan Anda akan terkena obesitas.

2. Hipoglikemia

Mengonsumsi gula ini secara berlebih juga dapat menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kadar gula darah yang rendah pada tubuh. Gejala dari penyakit ini berupa rasa lapar yang terus menerus, badan lemas, kulit menjadi pucat, serta gemetar pada beberapa bagian tubuh.

3. Osteoporosis

Anda tentu tidak asing dengan penyakit ini, bukan? Konsumsi gula ini secara berlebih juga dapat menyebabkan penyakit osteoporosis karena membuat tubuh kekurangan kalsium dan magnesium.

4. Artritis

Sama halnya dengan osteoporosis, mengkonsumsi gula ini juga dapat menimbulkan penyakit artritis yaitu radang sendi. Alasannya juga sama karena kekurangan kalsium dan magnesium.

5. Diabetes Tipe 2

Jika Anda sudah mengalami obesitas akibat dari gula ini, maka sebaiknya hati-hati karena bisa terkena diabetes tipe 2. Obesitas menyebabkan sel tubuh menjadi tidak mampu untuk merespon insulin dengan baik. Akibatnya kadar gula darah Anda akan menjadi kacau. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Anda juga dapat terkena komplikasi yang lainnya.

6. Penyakit Jantung

Sejalan dengan penyakit lainnya yang ada di atas, konsumsi gula ini juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Hal itu karena gula ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat serta terjadinya radang kronis dalam tubuh.

Itulah beberapa bahaya dan penyakit yang ditimbulkan jika mengkonsumsi produk dengan kadar gula pasir rafinasi yang tinggi. Mulai sekarang Anda harus dapat membatasi konsumsi produk yang mengandung produk ini dengan makanan lain yang lebih bergizi.

By Sandy